Selasa, 07 Mei 2013

contoh laporan pkl TKJ


LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
@LFITO_NET
Jl. Sliwangi NO. 33A

D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
            NAMA                                   : INDRA VALENTINO SIANTURI
            NIS                                         :
            BIDANG KEAHLIAN        : INFORMATIKA
            PROGRAM KEAHLIAN  : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


SMK NEGERI 1 POLLUNG
KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN
2012/2013

LAPORAN PENGESAHAN
            Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini di ajukan sebagai buktri dai siswa bahwa mengikuti kegiatan di Industri selama kurang lebih tiga bulan dimulai pada tanggal 28 Januari 2013 sampai dengan 28 April 2013. Laporan ini dibuat dan disah kan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN), dan bentuk pertanggung jawaban siswa terhadap sekolah sebagai seorang siswa.
Pollung, 13 Mei 2013.

Mengetahui / Menyetujui
KEPALA SEKOLAH


Drs. Ara Sinaga

PIMPINAN INSTANSI


Albert Lumban Batu
GURU PEMBIMBING



Antonius Gultom
KETUA JURUSAN



Sabar Sihombing




KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas campur tangan-Nya sehingga penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN) dengan baik.
Penyusunan  laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di @lfito_Net
Dengan ini penulis bertima kasih kepada kepala instansi yang selama kurang lebih 3 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN). Laporan  ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: Kepala SMKN1 Sentani Drs.Ara Sinaga, Ketua jurusan Sabar sihombing, Pimpinan Instansi Pak Albert Lumban Batu dan Guru Pembimbing Pak Antonius Gultom
Akhir dari kesempatan  ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini tersebut.


Pollung, 13 Mei 2013


Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

1.2 Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pollung.
4. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.

1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pollung dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2. Dapat menambah  keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3. Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pollung.


BAB II
2.1 ISI

            Banyak orang yang yang mengenal komputer tetapi tidak begitu mengenal bagian-bagian computer, maka dari itu saya mengambil judul Laporan PRAKERIN saya yaitu “MENGENAL BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER”.
            Berikut penjelasan dari judul saya :

1.       KELOMPOK PROCESSOR DEVICE (PERANGKAT PEMEROSES)


a. Processor


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1IQiWN3mxBgaAYv32sIb5c8ec84VaCPH7qXvsm-1BilODfvamKXxfBCnWrtwTe9-WwQHQtNhtOjOdsPdHqNtFTiHk67tJP_rr0rSlDiG0XmZgR42xjLJ-TWhpASn2e2g8DGNZ0gKVTopF/s200/fungsi+komputer.jpg
Alat ini berfungsi sebagai pengolah data,processor merupakan bagian yagn sangat penting dalam computer
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
ü  Aritcmatics Logical Unit (ALU)
ü  Control Unit (CU)
ü  Memory Unit (MU)


Sejarah Perkembangan Mikroprocessor Dimulai dari sini :

Ø  1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

Ø  1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

Ø  1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah elevise yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

Ø  1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi elevise terjadi pada produk untuk elevise pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

Ø  1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

Ø  1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004

Ø  1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

Ø  1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

Ø  1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

Ø  1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

Ø  1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

Ø  1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

Ø  1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
Ø  1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

Ø  2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

Ø  2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

Ø  2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

Ø  2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

Ø  2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah elevise yang mudah dibawa kemana-mana.


Ø  2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

Ø  2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

Ø  2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna elevise yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

Ø  2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan ele beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

Ø  2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari elevise yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)




b. Register Prosesor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDh5qEI_5LgCiffIMttB5XdBviP-lLmknJfGrArmJT-T5biIOszqmPdiGp6ZJtDsWW7mNOguiJBiiGk4TFeFzNDs4oKCOy6dLKCooaODzkNBSc6Jm1v3cMRouaONmwKEtTfr4KlZ-ho3KN/s200/each-of-the-control-registers.gif

Register Prosesor adalah sejumlah kecil memori elevise yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program elevise dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti “register 8-bit”, “register 16-bit”, “register 32-bit”, atau “register 64-bit” dan lain-lain.
Register prosesor berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memori: ini berarti bahwa kecepatannya adalah yang paling cepat; kapasitasnya adalah paling kecil; dan harga tiap bitnya adalah paling tinggi. Register juga digunakan sebagai cara yang paling cepat dalam elevi elevise untuk melakukan manipulasi data. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti “register 8-bit”, “register 16-bit”, “register 32-bit”, atau “register 64-bit” dan lain-lain.
Istilah register saat ini dapat merujuk kepada kumpulan register yang dapat diindeks secara langsung untuk melakukan input/output terhadap sebuah instruksi yang didefinisikan oleh set instruksi. Untuk istilah ini, digunakanlah kata “Register Arsitektur”. Sebagai contoh set instruksi Intel x86 mendefinisikan sekumpulan delapan buah register dengan ukuran 32-bit, tapi CPU yang mengimplementasikan set instruksi x86 dapat mengandung lebih dari delapan register 32-bit.



Jenis register
Register terbagi menjadi beberapa kelas:
·         Register data, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer).
·         Register alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori.
·         Register general purpose, yang dapat digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus.
·         Register floating-point, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan titik mengambang (floating-point).
·         Register konstanta (constant register), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifatread-only), semacam phi, null, true, false dan lainnya.
·         Register elevi, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan elevi yang dilakukan oleh prosesor SIMD.
·         Register special purpose yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register.
·         Register yang spesifik terhadap model mesin (machine-specific register), dalam beberapa arsitektur tertentu, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain prosesor tertentu saja, mungkin register jenis ini tidak menjadi standar antara generasi prosesor.



Ukuran register
Tabel berikit berisi ukuran register dan padanan prosesornya
Register
Prosesor
4-bit
8-bit
16-bit
32-bit
64-bit



c. Cache Memori
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4uowFmMmWOuq7Yf74yFmxcRLMUlgGPfwX2sHzy0invJ9lM9as6s4XgTYVCB4MIIUhuFrH_VokzOvGq_F1rg7fz-55brsljJPQGJlblzF9SpGaDcUZWb0JPKiVdKE6_FjJGEQZ3sh62Meu/s200/fungsi+komputer+(1).jpg

Cache berasal dari kata cash. Dari istilah tersebut cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menympan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.Cache memori ini adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.

Level Cache Memory
Tembolok memori ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3. Tembolok memori level 1 (L1) adalah tembolok memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Tembolok ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Tembolok level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun tembolok L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari tembolok L1. Tembolok L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan tembolok level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari tembolok L2 dari masing-masing inti prosesor.



Cara Kerja Cache Memori
Jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama ia akan mencarinya pada tembolok. Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangat kecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, tembolok dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi. Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebih efisien. Selain itu kapasitas memori cache yang semakin besar juga akan meningkatkan kecepatan kerja komputer secara keseluruhan.
Dua jenis tembolok yang sering digunakan dalam dunia komputer adalah memory caching dan disk caching. Implementasinya dapat berupa sebuah bagian khusus dari memori utama elevise atau sebuah media penyimpanan data khusus yang berkecepatan tinggi.
Implementasi memory caching sering disebut sebagai memory cache dan tersusun dari memori elevise jenis SDRAM yang berkecepatan tinggi. Sedangkan implementasi disk caching menggunakan sebagian dari memori elevise.

Stuktur elevi Cache
Memori utama terdiri dari sampai dengan 2n word beralamat, dengan masing-masing word mempunyai n-bit alamat yang unik. Untuk keperluan pemetaan, memori ini dinggap terdiri dari sejumlah blok yang mempunyai panjang K word masing-masing bloknya. Dengan demikian, ada M = 2n/K blok. Cache terdiri dari C buah baris yang masing-masing mengandung K word, dan banyaknya baris jauh lebih sedikit dibandingkan dengan banyaknya blok memori utama (C << M). Di setiap saat, beberapa subset blok memori berada pada baris dalam cache. Jika sebuah word di dalam blok memori dibaca, blok itu ditransfer ke salah satu baris cache. Karena terdapat lebih banyak blok bila eleviser dengan baris, maka setiap baris tidak dapat menjadi unik dan permanen untuk dipersempahkan ke blok tertentu mana yang disimpan. Tag biasanya merupakan bagian dari alamat memori utama.



Elemen Rancangan Cache
Elemen-elemen penting dari rancangan memory cache adalah sebagai berikut:
  • Ukuran cache, disesuaikan dengan kebutuhan untuk membantu kerja memori. Semakin besar ukuran cache semakin lambat karena semakin banyak jumlah gerbang dalam pengalamatan cache.
  • Fungsi Pemetaan (Mapping), terdiri dari Pemetaan Langsung, Asosiatif, Asosiatif Set.Pemetaan langsung merupakan teknik yang paling sederhana, yaitu memetakkan masing-masing blok memori utama hanya ke sebuah saluran cache saja. Pemetaan asosiatif dapat mengatasi kekurangan pemetaan langsung dengan cara mengizinkan setiap blok memori utama untuk dimuatkan ke sembarang saluran cache.Hal ini menurut artikel dari Yulisdin Mukhlis, ST., MT
  • Algoritma Penggantian, terdiri dari Least Recently Used (LRU), First in First Out (FIFO), Least Frequently Used (LFU), Acak. Algoritma penggantian digunakan untuk menentukan blok mana yang harus dikeluarkan dari cache untuk menyiapkan tempat bagi blok baru. Ada 2 metode algoritma penggantian yaitu Write-through dan Write-back.Write-through adalah Cache dan memori utama diupdate secara bersamaan waktunya. Sedangkan Write-back melakukan update data di memori utama hanya pada saat word memori telah dimodifikasi dari cache.
  • Ukuran blok, blok-blok yang berukuran Iebih besar mengurangi jumlah blok yang menempati cache. Setiap pengambilan blok menindih isi cache yang lama, maka sejumlah kecil blok akan menyebabkan data menjadi tertindih setelah blok itu diambil. Dengan meningkatnya ukuran blok, maka jarak setiap word tambahan menjadi lebih jauh dari word yang diminta,sehingga menjadi lebih kecil kemungkinannya untuk di perlukan dalam waktu dekat.(Dikutip dari artikel milik Yulisdin “Mukhlis, ST., MT”)
  • Line size, Jumlah cache, Satu atau dua dua tingkat, kesatuan atau terpisah

Memori yang berada diantara memori utama dan fungsi cache memori adalah agar cpu tidak langsung mengacu pada memori utama sehingga dapat meningkatkan kinerja.




d. ROM (Read Only Memory)


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg065icetyk7dHdbeXrAu-nYIajVUNkiGRrF2x-2rHcUmNBoii4fyrAIq2ApgVWQkFMfnQvFuLgXUu9m-nJbzgg8CJdqWwlrfUIr7H7HRdf14h60A5yl3VOv_ivyWKYwqk3DW0Zy6RsZXZQ/s200/fungsi+komputer+(2).jpg

ROM berfungsi sebagai media penyimpanan data internal pada computer personal dan informal tersebut hanya ele di baca dan tidak ele di hapus.

EPROM pertama, Intel 1702, dengan mati dan kawat obligasi jelas terlihat melalui jendela menghapus.
Semiconductor berdasarkan
Klasik ROM chip topeng elevise adalah sirkuit terpadu yang secara fisik menyandikan data yang akan disimpan, sehingga tidak mungkin untuk mengubah isinya setelah fabrikasi. Jenis lain dari non-volatile memori solid-state mengizinkan beberapa derajat modifikasi:
Programmable read-only memory (PROM), atau satu kali ROM elevise (OTP), dapat ditulis atau elevise melalui perangkat khusus yang disebut programmer PROM. Biasanya, perangkat ini menggunakan tegangan tinggi untuk menghancurkan secara permanen atau membuat link internal (sekering atau antifuses) dalam chip. Akibatnya, PROM hanya dapat elevise sekali.
Dihapus programmable read-only memory (EPROM) ele dihapus oleh paparan sinar ultraviolet yang kuat (biasanya selama 10 menit atau lebih), kemudian ditulis ulang dengan proses yang lagi membutuhkan tegangan tinggi biasanya diterapkan dibandingkan. Pemaparan berulang terhadap sinar UV pada akhirnya akan aus EPROM, tetapi daya tahan sebagian besar chip EPROM melebihi 1000 siklus menghapus dan pemrograman ulang. Paket Chip EPROM seringkali dapat diidentifikasi oleh terkemuka kuarsa “jendela” yang memungkinkan sinar UV masuk. Setelah pemrograman, jendela biasanya ditutupi dengan label untuk mencegah penghapusan disengaja. Beberapa chip EPROM adalah pabrik-terhapus sebelum mereka dikemas, dan termasuk tidak ada jendela, ini adalah efektif PROM.
Elektrik dihapus programmable read-only memory (EEPROM) berdasarkan struktur semikonduktor mirip dengan EPROM, tetapi memungkinkan seluruh isinya (atau bank yang dipilih) akan terhapus elektrik, kemudian ditulis ulang elektrik, sehingga mereka tidak perlu dihapus dari elevise ( atau kamera, MP3 player, dll). Menulis atau berkedip EEPROM jauh lebih lambat (milidetik per bit) daripada membaca dari ROM atau menulis ke RAM (nanodetik dalam kedua kasus).
Elektrik dapat berubah read-only memory (EAROM) adalah jenis EEPROM yang dapat dimodifikasi satu bit pada suatu waktu. Menulis adalah proses yang sangat lambat dan lagi membutuhkan tegangan yang lebih tinggi (biasanya sekitar 12 V) daripada yang digunakan untuk akses baca. EAROMs dimaksudkan untuk aplikasi yang memerlukan jarang dan hanya sebagian menulis ulang. EAROM dapat digunakan sebagai penyimpanan non-volatile untuk informasi pengaturan elevi kritis, dalam banyak aplikasi, EAROM telah digantikan oleh CMOS RAM disediakan oleh daya listrik dan didukung dengan baterai lithium.
Flash memori (atau hanya flash) adalah jenis modern EEPROM diciptakan pada tahun 1984. Flash memori dapat dihapus dan ditulis ulang lebih cepat dari EEPROM biasa, dan desain baru memiliki daya tahan yang sangat tinggi (melebihi 1.000.000 siklus). Flash NAND modern membuat efisiensi penggunaan area chip elevis, sehingga IC individu dengan kapasitas setinggi 32 GB pada 2007, fitur ini, bersama dengan daya tahan daya tahan dan fisik, telah memungkinkan flash NAND untuk menggantikan elevise di beberapa aplikasi (seperti sebagai USB flash drive). Flash memori kadang-kadang disebut flash ROM atau flash EEPROM bila digunakan sebagai pengganti jenis ROM yang lebih tua, tetapi tidak pada aplikasi yang memanfaatkan kemampuannya untuk dimodifikasi dengan cepat dan sering.


e. RAM (Random Acces Memory)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-ADWTpFTUaQMGlTbSO_vV1C2snr9Gkyxz1MmkT7PCHGKFnwFkZuc6p6ve5FkTiXwySKOU2kjSSjqYspUhha5E3fW1F9SlWTFoRFkdrHKrTEY8ZCOhlZbmdIZqO2whqw1KzMo8VmM3zSSA/s200/fungsi+komputer+(3).jpg

Memori akses acak (bahasa InggrisRandom access memoryRAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa elevise untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60’an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah elevis karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam elevise untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah elevi yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara program dan data yang sedang digunakan oleh computer.dalam bentuk pulsa listrik



f. Motherboard


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1hGDFtAXZ9GscGFFpRz6RFs2BYKBX7cKnGddd2VGdzgeiGgPfXC8cCJsJAHmFVpC2jPVDWhmCujNojT2GV5qKXeX88esf4OHWKTZBLsGzMOwvTkkjLH-5HVMlkUYoVSPEOqsBMRbtQ9k8/s200/fungsi+komputer+(4).jpg

Motherboard adalah papan elevise yang di gunakan untuk meletakkan komponen-komponen internal computer seperti processor, VGA, sound card, dll. Dan sebagai media transfer data dari komponen yang bekerja dalam elevise.
Papan induk (bahasa Inggrismotherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan elevise dan membuatnya bekerja sama sehingga elevise berjalan dengan elevi.

Komponen-komponen Papan induk (motherboard)
  • Konektor Power
Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah elevise. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.
  • Socket atau Slot Prosesor
Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan IntelAMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu.
  • North bridge controller
VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuensi 533/400MHz, yang mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interface system memory yang beropersi pada 266MHz, dan interface AGP 1.5V yang mendukung spesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengan kecepatan 4X.
  • Socket Memori
Juga ada dua tipe socket memori yang kini beredar di masyarakat elevise. Memang ada juga socket terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang memakainya. Socket lama yang masih cukup elevis adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yang kedua memiliki 168 pin modul, yang dirancang satu arah. Anda tidak mungkin memasangnya terbalik, karena galur di motherboard sudah disesuaikan dengan socket memori tipe DIMM.
  • Konektor Floppy dan IDE
Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan pirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave. Bagaimana menyambungkan pin dengan kabel? Mudah sekali. Pita kabel IDE memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya. Strip merah tersebut menandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1 di konektornya. Bila menancap terbalik, piranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh elevise. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan pin di motherboard.
  • AGP 4X slot
Slot port penyelerasi gambar ini mensupport Kartu Grafis mode 3.3V/1.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D.
  • South bridge controller
Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbagai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, sampai 6 port USB 2.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.
  • Standby Power LED
Lampu ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.
  • PCI slots
Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaran maksimum 133MB/s.
  • PS/2 Mouse Port
Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.
  • Port Paralel dan Serial
Pada tipe AT, port serial dan elevise tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port elevise bermacammacam, mulai dari menyambungkan elevise dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan elevise dengan eleviser tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port elevise. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti lain yang ele dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port elevise dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.


  • RJ-45 Port
Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.


  • Line in jack
Jack line in (biru muda) menghuungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadai bass/tengah.
  • Line out jack
jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadi speaker out depan.
  • Microphone jack
Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang.
  • USB 2.0 port 1 dan port 2
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
  • USB 2.0 port 3 dan port 4
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
  • Video Graphics Adapter Port
Port 15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel
  • Konektor keyboard
Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atau tipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2 punya, dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya eleviser model AT.
  • Batere CMOS
Batere ini berfungsi untuk elevi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply




2.      KELOMPOK OUTPUT DEVICE (PERANGKAT KELUARAN)

a.            Monitor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiguAxymPENAi_-dEWGyGZ1CLGm32W7ZK8qaV7GBlTXk7K3j9egHdbVi-2u5OiFtFF6VaQzKcKiLu-mvb9YT5nXlGG1spE3vaNuweSENodJgcUI8FtwPVmhUribP9nKcD34eqBSvx_-XKNN/s200/kelompok+komputer.jpg
Monitor befungsi untuk menampilkan keluaran berupa sinyal electron yang berbentuk teks, gambar dan video, gambar bergerak dan sejenisnya.
Monitor komputer
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Jenis-jenis monitor
Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:






b. Proyektor LCD


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZphG0tdEJi7_fAVf87m_2EpgNgLV8FBiDFIr1ComRXlGrguIHYz7pLEB051-cQQZjIF2_onMWiFOwypBiwQkBngOoewX7eIUtnyVsW7RIfS-G3cwSqHtAQpe38OY283rzHJ10bhRsMe_o/s200/kelompok+komputer+(1).jpg


Proyektor LCD berfungsi untuk mempilkan objek yang dihasilkan computer kebidang lain yang lebih besar, seperti layar presentase atau tembok.
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkanvideogambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening.
Proyektor LCD biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga ele digunakan sebagai aplikasi home theater. Untuk menampilkangambarproyektor LCD mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal videoProyektor LCD berisi panelcermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang ele membentuk gambar.
Lampu yang digunakan pada proyektor LCD adalah lampu halide logam karena menghasilkan suhu warna yang ideal dan spektrumwarna yang luas. Lampu ini juga memiliki kemampuan untuk memproduksi cahaya dalam juga sangat besar dalam area kecil dengan arus proyektor sekitar 2.000-15.000 ANSI lumens. Indonesia termasuk salah satu elevi tujuan pasar proyektor LCD ini. Berbagai perusahaan proyektor LCD memasarkan produk mereka seperti Sony dan Sanyo. Produk proyektor LCD yang mereka tawarkan beragam mulai dari yang hemat elevi sampai model terbaru yang lebih kecil dan ringan.
Sejarah
Proyektor LCD ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam kampus pada tahun 1968 dan mempunyai tujuan untuk memproduksi sebuah video proyektor yang dalam idenya ia akan membuat sebuah proyektor LCD yang lebih cerah dibandingkan dengan 3-CRT proyektor. Idenya adalah menggunakan elemen yang disebut sebagai “cahaya katup” untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati itu. Hal ini akan memungkinkan penggunaan yang lebih ampuh untuk sumber cahaya eksternal. Setelah mencoba berbagai bahan, dia setuju dengan penggunaan kristal cair untuk mengatur cahaya pada tahun 1971. Ini membawanya sampai tahun 1984 untuk mendapatkan “addressable” dari layar kristal cair (LCD), yang ketika itulah ia membuatproyektor LCD pertama di dunia.
Setelah membangun itu, dia melihat banyak masalah yang harus dikoreksi termasuk cahaya utama yang hilang dan piksel yang sangat terlihat. Dia kemudian menggunakan metode baru untuk menciptakan efisiensi yang tinggi untuk menghilangkan tampilan pada piksel. Dengan hak paten di seluruh dunia ia memulai di Projectavision Inc pada tahun 1988, perusahaan proyektor LCDpertama di dunia. Dia melisensi teknologi untuk perusahaan lain seperti Panasonic dan Samsung.
Teknologi dan perusahaan ini memulai elevise proyeksi digital. Pada tahun 1989 ia dianugerahi kontrak Darpa pertama ($ 1 juta) untuk mengusulkan bahwa standar HDTV AS harus menggunakan pengolahan digital dan proyeksi. Sebagai anggota National Association of Manufacturers Fotografi (NAPM) Standar Sub-komite, IT7-3, ia bersama dengan Leon Shapiro, co-mengembangkan standar ANSI seluruh dunia untuk pengukuran kecerahan, kontras, dan resolusi proyektor elektronik.
Awalnya LCD digunakan dengan elevi ada pada overhead proyektor. Tapi, LCD elevi tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Dengan susah payah dan beribu kegagalan tanpa patah semangat akhirnya mereka ele sukses dan elevis sampai sekarang ini. Mereka memulainya dengan teknologi yang digunakan dalam beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol elevise, di manaLCD ini menggunakan elevi proyeksi di televisi set besar adalah untuk memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik sebagai sanggahan satu televisi 60 inci walaupun saat ini sebagai saingan utama dari proyektor LCD adalah LG 100 inch LCD TV.
Pada tahun 2004 dan 2005, proyektor LCD telah kembali elevi dengan fitur yang lebih lengkap karena penambahan yang dinamis dan warna yang dianggap kontras yang telah meningkat hingga tingkat DLP.
Sekarang ini manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan LCD khususnya proyektor LCD hanya tersisa perusahaan gambarJepang yaitu Epson dan Sony. Epson memiliki sendiri teknologinya dan membuat merk “3LCD”. Untuk memasarkan teknologi proyektor “3LCD”, Epson mengatur perkongsian yang disebut “Grup 3LCD” pada tahun 2005 dengan manufaktur proyektor lainnya memegang lisensi dari teknologi 3LCD yang digunakan dalam model proyektor mereka.
Cara Kerja
Proyektor LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B) sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektorWarnagambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCDtersebut yang telah disatukan oleh sebuahprisma khusus.
Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan dijatuhkan pada layar sehingga dapat dilihat sebagaigambar utuh. Gambar yang dihasilkan proyektor LCD memiliki kedalaman warna yang baik karena warna yang dihasilkan olah panelLCD langsung dibiaskan lensa ke layar. Selain itu gambar pada proyektor LCD juga lebih tajam dibandingkan dengan hasil gambarproyektor DLP.
Kelebihan lain dari LCD adalah penggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga dapat memproduksi “ansi lumens” yang lebih tinggi dibandingkan proyektor dengan teknologi DLP. Sedangkan kelemahan teknologi LCD adalah besar piksel yang terlihat jelas digambar ini yang menyebabkan teknologi LCD kurang cocok untuk memutar film karena akan terasa seperti melihat film dari balik mata yang terhalang selaput katarak.








c. Printer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWaHJtxijG3ZYqVEBG3gleaUZwDceXVG1PjFvLRWiep2hllUmPK7u5ZafB6kqIO2tDs2OxAJSybuUPQ-3QZSOeYMGXsI4ePozguKSE4H0rAGohvduYxdhBwY7Ssg89Ox7Lt62hFHWw7OZI/s200/kelompok+komputer+(2).jpg
Fungsi printer adalah untuk mencetak hasil pengolah data pada kertas atau media lainnya.
Macam macam printer terbagi menjadi 3 yaitu :

1.Dotmatrik
Printer dot elevi merupakan printer yang pertama kali diciptakan, printer ini menggunakan jarum untuk menulis disebuah kertas,dan juga menggunakan semacam pita carbon yang berfungsi sebagai pencetak tulisan atau gambar.
Contoh : Epson LX 300, LQ 400

2.Printer INKJET
Printer ini dibuat adalah untuk menyempurnakan printer dotmatrik karena printer dotmatrik masih banyak kekurangannya diantaranya adalah hasil yang kurang jelas karna tulisan atau gambar berupa titik titik. Printer inkjet ini menggunakan tinta untuk menulis di kertas dan ele mencetak gambar yang berwarna.
Contoh :
-Canon:IP1300, ip1700, ip1880, ip1980, mp190, mp145
-Epson:c45, t11, t20, tx121

3.Printer Laser
Printer yang satu ini dibuat untuk mempercepat pencetakan agar pekerjaan semakin lebih cepat, printer ini menggunakan serbuk sehingga hasil dari cetakan tidak mudah pudar walaupun terkena air sekalipun.
Contoh : HP1020


d. Plotter


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf1Mz4576iEYvk5RS6tUEecvnHQ3CUJhghkmhlrV8joGXUENQTcwVwujr4QXKnlsUH5PcnM_f4jY7LphSgMdDi4JhdGP1sh2Txm0TfaIlEn54q8KSUBlLZmIoE3ymE83GTJWh6dxjvZlE4/s200/kelompok+komputer+(3).jpg


Plotter berfungsi untuk mencetak hasil kerja pada media cetak dengan ukuran yang besar
Untuk kegunaan lain, lihat Plotter (disambiguasi).
Hewlett-Packard A0 Plotter 5785B
Plotter adalah printer elevise untuk grafis elevi pencetakan. Di masa lalu, komplotan yang digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu elevise, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional.

Ikhtisar
Pen komplotan mencetak dengan menggerakkan pena atau eleviser lain di seluruh permukaan selembar kertas. Ini berarti bahwa komplotan dibatasi untuk line art, bukan raster grafis seperti printer lain. Pen komplotan dapat menarik line art yang kompleks, termasuk teks, tetapi melakukannya perlahan karena gerakan mekanis pena. Mereka sering tidak mampu secara efisien menciptakan daerah padat warna, tetapi dapat menetas daerah dengan menggambar sejumlah dekat, jalur elevis.
Komplotan menawarkan cara tercepat untuk secara efisien menghasilkan gambar yang sangat besar atau warna dengan resolusi tinggi berbasis elevi karya seni ketika memori elevise sangat mahal dan daya prosesor sangat terbatas, dan jenis-jenis printer telah membatasi kemampuan output grafis.
Pen komplotan telah dasarnya menjadi elev, dan telah digantikan oleh format besar inkjet printer dan printer berbasis LED toner. Perangkat tersebut mungkin masih memahami bahasa elevi awalnya dirancang untuk digunakan plotter, karena dalam banyak kegunaan, mereka menawarkan elevisere yang lebih efisien terhadap data raster.
Pemotongan komplotan
Pemotongan komplotan menggunakan pisau untuk memotong ke sepotong kain (seperti kertas, milar atau vinil) yang berbaring di permukaan datar plotter. Hal ini dicapai karena plotter pemotongan terhubung ke elevise, yang dilengkapi dengan desain cutting khusus atau program perangkat lunak elevise gambar. Program-program perangkat lunak elevise yang bertanggung jawab untuk mengirimkan dimensi pemotongan diperlukan atau desain untuk perintah pisau pemotong untuk menghasilkan kebutuhan pemotongan proyek yang benar.
Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan memotong plot (umumnya disebut mesin die-cut) telah menjadi elevis dengan penggemar rumah kerajinan kertas seperti cardmaking dan scrapbooking. Alat tersebut memungkinkan bentuk kartu yang diinginkan harus dipotong sangat tepat, dan diulang sempurna identik.

e. Speaker
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKLpJ5OZRR0Woz8-uphj_kB9q55LwZtsRXfjbc54zXdRkUAWUDLJa8emO1dNUdEeokkGRKV5pD1HLN5Ay-KAqMEwxQdWkCwcEhKRPSzie6thQNo5brmsfObEb-lwAjxnibuhNfT5PJXxvK/s200/kelompok+komputer+(5).jpg
Fungsi speaker adalah untuk memberikan keluaran dalam bentuk suara (audio).

f. Casing Komputer
Casing Komputer adalah kotak atau rumah elevise adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.
5 Fungsi Casing Komputer  :
1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.
2. Casing juga begitu penting karena elevi semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
casing komputer cbm azza
casing elevise cbm azza
4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.
Bayangkan apabila seluruh perabotan tersebut tidak ada casingnya sangat berantakan dan berbahaya sekali, seperti orang tanpa rumah…..
Jenis casing elevise adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:
  1. Casing Desktop
Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

a.       Casing CBM 628-02
  • http://cbmcase.files.wordpress.com/2010/04/lc628-02-c2228-kecil-e1267067107964.jpg?w=300&h=147
  • Casing CBM 628-02 (250w pure) Rp.340rb
b.      Casing Tower
Casing elevise terkini di tahun 2012 menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing elevise lebih luas serta suhu dalam casing elevise tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing elevise jenis tower terdiri dari:
c.       Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya elevi sama.Perbedaan di antara kedua-dua  jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya lebih kecil eleviser casing elevise midlle tower
contoh casing elevise ini seperti :
d.      Seri casing cbm 727-06
http://cbmcase.files.wordpress.com/2010/04/727-067271-06-c2128.jpg?w=201&h=300
Casing CBM 727-06 (450w) Rp.305rb
e.       seri casing cbm 727-15
Casing CBM 727-15
Casing CBM 727-15 RP. 300rb
B. Middle tower
Casing mid tower adalah jenis casing elevise yg paling banyak dipakai di pasar rakitan elevise.dipasaran casing ini  juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing elevise yang dipilih.
a.       Casing CBM 323-20
http://cbmcase.files.wordpress.com/2010/04/casing-cbm-323-20-red-e1267069319161.jpg?w=193&h=300
Casing CBM 323-20 Red(450w) Rp.315rb

b.      Casing CBM 323-25
http://cbmcase.files.wordpress.com/2010/04/323-25321-25-c2228.jpg?w=201&h=300
Casing CBM 323-25 (450w) Rp.305rb
c.       Casing CBM 321-06
  • http://cbmcase.files.wordpress.com/2010/04/431-06533-06-c2828ww-e1267067197333.jpg?w=510
  • Casing CBM 321-06 (450w) Rp.370rb

C. Casing Mini Itx
Inilah casing yg booming di thn 2012 nanti, jenis casing mini-itx  ini akan banyak ditemui di kantor-kantor dan POS ( point of Sales).  POS adalah tempat seperti di loket loket pembayaran atau loket elevi serta seperti  untuk showroom seperti pameran  dan lain lainya yg mengumakan space yg terbatas dan  keindahan product.
Contoh contoh casing mini itx
  1. Casing cbm 617-03 dengan PSU ukuran menengah
Casing CBM 617-03
Casing CBM 617-03(450w) Rp. 300rb
2.      Casing CBM 920-03 dengan PSU ukuran kecil
Casing CBM 920-03
Casing CBM 920-03 Mini-Itx Rp. 350rb

3.      Casing CBM 820-02 dengan adaptor
http://cbmcase.files.wordpress.com/2009/07/820-2a-c2128-e1267067059748.jpg?w=206&h=300
Casing CBM 820-02 Mini-ITX (Adaptor) Rp. 360rb
D. Casing elevise seri Gaming
Pengunaan casing elevise ini dikhususkan untuk Memodifikasi perangkat elevise dalam cara non-standar. Modifikasi dilakukan, terutama oleh penggemar berat hardware, untuk memamerkan piranti dalam elevise dengan memamerkan perangkat keras internal, dan juga untuk membuatnya terlihat estetis menyenangkan untuk pemiliknya. Dan  juga dapat dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja elevise, ini biasanya berhubungan dengan pendinginan dan melibatkan perubahan pada komponen agar semua komponen dapat bekerja maxsimal biasanya mengunakan kipas yg besar dan berwarna. Casing elevise ini biasanya sudah mengunakan air flow yg bagus, penampilan eleviser atau gaming sekali seperti seri Casing CBM Azza Toledo 301, Toolest ( tidak mengunakan Obeng untuk merakitnya,serta memiliki pengaturan kable  yang baik dan rapih.
a.       Casing azza Toledocasing Mid tower





Casing CBM Azza Toledo Rp. 600rb
b.      Casing full tower
casing_azza_solanoBlue
Casing CBM Azza Solano blue Rp. 1.070.000






3.KELOMPOK STORAGE DEVICE (PERANGKAT PENYIMPANAN)



a.       Hard Disk


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji49fMFMzmcedIRYzuAG3DCwe1oX_TK1YzKR2h6EGKqn4hdyB9Ppfhsp7Rdh8AtJGQNh40uNl5hCK0K9tuRLO1YeLCkUdaS0Sb-8SCqdcXJXMiDhO5CHeBlBbgOGe_DQ7YEI38htE7Ihnu/s200/kelompok+komputer+(6).jpg

Hard disk dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang besar dan dapat di panggil kembali dalam waktu yang sangat singkat
“Harddisk” beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain, lihat Hardisk (disambiguasi).
Hard disk drive Sebuah dibongkar dan diberi label 1997 HDD. Semua komponen utama yang ditempatkan pada cermin, yang menciptakan refleksi simetris

Sekilas tentang bagaimana fungsi HDD
Sebuah hard disk drive (HDD) [catatan 2] adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan berputar cepat disc (piringan) dilapisi dengan bahan elevise. HDD mempertahankan data bahkan ketika dimatikan. Data dibaca secara random-akses, yang berarti blok individual dari data dapat disimpan atau diambil dalam urutan apapun bukan hanya secara berurutan. HDD terdiri dari satu atau lebih kaku (“keras”) berputar cepat disc (piringan) dengan kepala elevise diatur pada lengan elevise bergerak untuk membaca dan menulis data ke permukaan.
Diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, [1] HDD menjadi perangkat penyimpanan sekunder yang dominan untuk elevise tujuan umum oleh awal 1960-an. Terus ditingkatkan, HDD telah mempertahankan posisi ini ke era modern server dan PC. Lebih dari 200 perusahaan telah menghasilkan unit HDD, meskipun unit terbaru yang diproduksi oleh Seagate, Toshiba dan Western Digital. Pendapatan di seluruh dunia untuk pengiriman HDD diperkirakan mencapai $ 38 miliar pada 2012, naik sekitar 19% dari $ 32 miliar pada 2011.
Karakteristik utama dari sebuah HDD kapasitas dan kinerja. Kapasitas ditentukan di unit elevi sesuai dengan kekuatan 1000: 1-terabyte (TB) drive memiliki kapasitas 1.000 gigabyte (GB, di mana 1 gigabyte = 1 milyar byte). Biasanya, sebagian dari kapasitas HDD yang tidak tersedia untuk pengguna karena digunakan oleh elevi file dan elevi operasi elevise, dan redundansi mungkin inbuilt untuk koreksi kesalahan dan pemulihan. Kinerja ditentukan oleh waktu untuk memindahkan kepala ke file (Rata-rata Waktu Akses) ditambah waktu yang diperlukan untuk file untuk bergerak di bawah kepala (rata-rata latency, fungsi dari kecepatan rotasi fisik dalam putaran per menit) dan kecepatan di mana file tersebut ditransmisikan (data rate).
Dua elevi bentuk yang paling umum untuk HDD modern 3.5-inci elevise desktop dan 2,5 inci di laptop. HDD yang terhubung ke elevi dengan kabel antarmuka standar seperti SATA (Serial ATA), USB atau SAS (Serial terpasang SCSI) kabel.
Pada 2012, teknologi bersaing utama untuk penyimpanan sekunder adalah memori flash dalam bentuk solid-state drive (SSD). HDD diharapkan tetap media yang dominan untuk penyimpanan sekunder karena diprediksi terus keuntungan dalam kapasitas merekam dan harga per unit penyimpanan, [2] [3] tetapi SSD menggantikan HDD mana kecepatan, konsumsi daya dan daya tahan adalah pertimbangan lebih penting daripada harga dan kapasitas.

b. Floppy Disk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHP1Nr4YZCbkMO9HXqJRF-_c00ydco23-izyxzkmgLaZZSfakXFzDwTa2w2DfkyBTh3MPMHL_mw538m7qlE9qYWqeuHa4QIiAhFGaAbu4WhppebmhW7iPjMiu5ZLEEPURyPm6RpxQGZ95U/s200/kelompok+komputer+(7).jpg

Floppy disk dapat menyimpan data dalam ukuran yang sangat terbatas dan data yang tersimpan di dalamnya lebih lambat di baca dari pada yang tersimpan.



Fungsi
Fungsi dari sebuah floppy disk untuk menyimpan jumlah yang elevise kecil dari data elevise, tidak lebih dari 1. 44MB, pada kecil, portable drive. Alam yang portable memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dari satu elevise ke floppy drive dan kemudian mengakses file yang sama pada elevise yang berbeda, bersama dengan manfaat untuk dapat memperbarui dan mengubah mereka jika perlu. Untuk elevis ini, mereka sangat bermanfaat ketika itu elevi ke sekolah dan tempat kerja presentasi, misalnya.

Sejarah
Floppy disk pertama diciptakan oleh IBM pada tahun 1967 dan adalah 8 inci. Dengan membuktikan ini terlalu besar, 5. 25-inch disk diganti itu, dan sifat yang fleksibel kemasannya memberikan disket namanya. Tidak sampai pertengahan ’80-an bahwa floppy disk seperti yang kita kenal muncul menjadi ada, ketika 3. 5-inch floppy disk diciptakan. Walaupun peluncuran format floppy disk lain, dalam berbagai ukuran dan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, 3. 5-inch floppy disk terus mengontrol pasar sepanjang 90-an, sampai mulai jatuh dari nikmat.

c. Magneto-Optical
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNF7vBLZSrresZhQ_vb8S9X5IonrOgdzwnXvJg-EDvi7FKut1K8D4PBgwkPzSSZaXx1qIHe1AymfCc9GEdH9L0xILl1IhgpaGytYPGr-5MvxiZgAl7gpUBIhnLdwYbibrc8tZ7nadkP4_W/s200/kelompok+komputer+(8).jpg
Magneto – Optical adalah media penyimpanan dengan bantuan sinar leser dan head elevise
Aspek Teknis
Sebuah mm 2.6GB disk magneto-optik 130.
Sebuah MB Fujitsu 90 disc 230 mm magneto-optik.
Awalnya drive adalah 130 mm dan memiliki ukuran tinggi penuh 130 mm hard-drive (seperti di IBM PC XT). 130 Media mm terlihat mirip dengan CD-ROM tertutup dalam caddy gaya lama, sedangkan 90 mm ​​Media adalah tentang ukuran disket 1,44 MB biasa, tetapi dua kali ketebalan. Kasus-kasus memberikan perlawanan debu, dan drive sendiri slot telah dibangun sedemikian rupa sehingga mereka selalu muncul harus ditutup. Awalnya, cakram MO adalah WORM (menulis sekali, membaca banyak) drive, tetapi kemudian membaca / menulis MO drive menjadi tersedia.
Disk terdiri dari bahan feromagnetik disegel di bawah lapisan elevis. Satu-satunya kontak fisik selama perekaman ketika kepala elevise dibawa ke dalam kontak dengan sisi dari disk berlawanan dengan laser. Selama membaca, laser memproyeksikan balok pada disk dan, menurut keadaan elevise permukaan, cahaya yang dipantulkan bervariasi karena Magneto-optik efek Kerr. Selama rekaman, kekuatan laser meningkat sehingga ele memanaskan material sampai ke titik Curie di satu tempat. Hal ini memungkinkan eleviseret diposisikan di sisi berlawanan dari disk untuk mengubah polarisasi elevise elev, dan polarisasi dipertahankan saat suhu turun.
Setiap siklus menulis membutuhkan keduanya lulus untuk menghapus daerah, dan lulus lain untuk menulis informasi. Keduanya melewati menggunakan laser untuk memanaskan lapisan perekaman, medan magnet digunakan untuk benar-benar mengubah orientasi elevise dari lapisan perekaman. Elektromagnet membalikkan polaritas untuk menulis, dan laser berdenyut untuk merekam bercak “1” di atas wilayah terhapus dari “0”. Akibatnya dibutuhkan dua kali lebih lama untuk menulis data seperti halnya untuk membacanya.

d. Optical Disk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXtpMNFc-67-Z2_izWpiIaBrAwh3oVE1oK4dxzX1jOhs51lRo_q0jldZmJrcGTZmOBE55wloap6Zv9OPE1DKJhPQyZoCKYegdzAt3zogzIVZhKnM7XbPY1Pv-1fQ6ssSXCmxV7UslZkjVq/s200/komputer.jpg
Optical merupakan  media penyimpanan optikal menggunakan sinar leser untuk menulis dan mengambil data darinya
Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Optical disk pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Kemudian teknologi ini dipatenkan beberapa tahun kemudian. Perkembangan berikutnya, ditemukan teknologi optical media untuk data video dalm laser disc yang dikeluarkan oleh philips, pada tahun 1978.Berlanjut setelah itu, audio compact disc (CD) dikeluarkan sony pada tahun 1983.
Optic Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.  Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data.
b. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar.
c.  Dapat membaca lebih cepat

Jenis-jenis Optical Disk

Jenis-jenis Optical Disk – Ada beberapa Jenis Optical disk saat ini, dimulai dari CD, DVD, Blu Ray, hingga saat ini ada yang terbaru dari optical disk yaitu FM DISK. Berikut penjelasan jenis-jenis Optical Disk.

1.      CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)

CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. Kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5rPs9MvrrmfaKZn6OXW9c6WqNeH-qUkfvpqumHb3YF-n4BjtDwaExiRX29ANDpV4DHhUqKxJKRrvCablqDP-PVZbDtpTGmr6m8oAJDDwhsyRtLM0r4aUdpnOEqwFXMn11TLfIO940bEw8/s200/CD.jpg

Contohnya :
·       CD-Rom (Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halamat text.
·        CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.
·       CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.

2.      DVD (Digital Video Disc / Digital Versatile Disc)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiH5FQhMa6Gv9rQfQAFJqIdjsy4n3A6qNX0PZnhIOTBCq0p_JElsfBVBmCmYWqXwM4mYA5kXwQlboDKImj1chXM_dDFD1ocGHd91UvYZw-26u9liK7PDaPy-t_E1n01INtckQeEKVwxjVtv/s200/DVD.jpg

DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada CD biasa, yaitu sekitar 4,7 – 17 GB. Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu :
·       Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
·       Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
·       Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
·       Double-sided, double layer kapasitas 17 GB

3.      Blu Ray

Teknologi Blu-ray adalah merupakan format disc optic, yang merupakan perkembangan dari CD dan DVD. Keunggulan dari blu-ray yaitu pada kapasitas lapisan-sided Blu-ray disc, dimana lebih besar 35 kali dari CD dan lebih besar lima kali dari DVD. Kapasitas Blu-Ray disc dual layer memiliki kemampuan menyimpan data sampai dengan 50 Gb per elevis.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhc5pKLTp1h0KE1vWGHBd2SnQ4sNp7HXw12bif5z-nM-VhscorC-LvXKYdzQhBds-nB9pkl-m8CYeCX1pHfuM9rdlY4S7kvi4HthzAkZdRwayUdxFjkgD3JV5xENuWoHO7s47VYeFAaNmZx/s200/blu-ray-disc.jpg


Selain itu, spesifikasi Blu-ray dalam kecepatan membaca tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan DVD. Ini mengarah ke video kualitas tinggi dan audio jernih, Khusus yang penting dalam applikasi HDTV.

Teknologi Multi-layering telah disesuaikan dengan kemampuan double Blu-ray disc dalam aplikasi standar, dan ada versi eksperimental ditampilkan sampai dengan sepuluh kali lipat peningkatan dalam ruang penyimpanan. Manfaat tambahan Blu-ray player melalui pemutar DVD termasuk Internet konektivitas untuk men-download subtitles dan update fitur built-in Java virtual machine.

            Blu-ray disc menggunakan ultra-short dengan panjang gelombang laser 405 nanometer, dimana lebih kecil dari pada DVD yang mencapai 650 nanometer. Dengan begitu, maka ele menyorot objek dengan presisi lebih tinggi. Hasilnya, data ele diikat dengan lebih ketat dan disimpan di ruang yang lebih kecil. Inilah yang membuat BD mampu menyimpan lebih banyak data meskipun ukuran disknya sama dengan CD atau DVD.

Blu-ray disc juga memiliki lapisan permukaan yang lebih tipis hanya 0,1mm dibandingkan HD-DVD yang tebalnya 0,6mm. Dengan begitu, laser ele menembakkan data dengan lebih elev. Untuk read atau write, kecepatan minimal Blu-ray adalah 1x atau sekitar 36Mbps, jauh dari DVD yang kecepatannya hanya 10Mbps. Dan kabarnya, kecepatan tersebut masih akan digeber hingga 8x atau 288Mbps.



4.      Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) adalah jenis optical disk yang mampu menampung sampai 140 GB data sekaligus, dengan kecepatan baca data sampai 1 GB per detik.
FM Disc berbeda dengan kepingan yang beredar saat ini. Warnanya tidak keperakan atau keemasan, melainkan bening seperti sebuah elevis transparan biasa.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnsUonqPpCLFnuBzT6tWclzPRYImmrnM_PsjEQNriLhhEik5fnz5Mm1XJ7gAPGdTLim3QkC3Dof-HSpNcuK4FJFFrQDKJ26-5Gm0oODPptU8zdJKewvzSjg8gPbwtsask_eZ0Y33UlvdzG/s320/FM+DISK.jpg



·         Multilayer
Salah satu keistimewaan adalah banyaknya layer yang ada dalam setiap kepingan. Masing-masing kepingan memang memiliki lebih dari satu layer atau lapisan. Bahkan lebih dari 10 lapisan sekaligus. Tepatnya adalah 12 lapisan pada FM Disc yang dikembangkan pada tahap awal.
·         Aplikasi
Banyak sekali aplikasi yang spat menggunakan teknologi ini. Pertama untuk menyimpan data hiburan seperti Game, Musik, Film dan tentunya untuk menyimpan data keperjaan. 1 keping FM Disc ele menmapung lebih dari 10 film DVD.
Sebagai ruang Back-up, sangat cocok karena kapasitasnya yang sangat besar. Dengan FM Disc kekhawatiran rusak-nya media back-up dapat diminalisasi walaupun tergores lapisan luarnya.
·    
     Jenis FMD
Ada tiga jenis FM teknologi yang telah selesai dikembangkan:
a.       FM Disc ROM
Ini adalah jenis pertama yang akan = diperkenalkan. FM Disc ROM nantinya akan banyak digunakan untuk kepentingan produksi, baik film maupun pernati lunak. Dengan kapasitas yang besar kualitas film dapat lebih baik. Karena ini berarti film akan mengalami lebih sedikit proses kompesi. Sama halnya dengan audio.
Sedangkan untuk peranti lunak, kehadirannya akan sangat berpengaruh khussnya untuk peranti lunak seperti game dan peranti lunak pendidikan yang umumnya membuat banyak informasi.

b.      FM Disc WORM (Write Once Read Many)
FM Disc WORM disebut juga Rewritable FM Disc adalah kepingan yang dapat diisi sendiri. Kepingan inilah yang nantinya dipergunakan sebagai media back-up.
Cara penulisannya elevi sama dengan menulis pada rewritable CD, hanya saja ada sedikit perbedaan pada penambahan material fluorescent. Ada dua metode penulisan yang digunakan masing-masing terletak pada perbedaan penambahan element fluorescent-nya.
Denga metode pertama atau yang dikenal dengan metode thermal, material fluorescent diaplikasikan dari awal. Sedangkan pada metode kedua yang chemical, material fluorescent diaplikasin pada tahap lanjut.

c.       FM Card atau Clear Card
FM Card sebenarnya adalah sebuah FM Disc yang dilapisi bagian luar berbentuk kartu kecil. Kepingan yang ada didalam Clear Card adalah kepingan dengan diameter 50 mm, atau 5 cm. Model pertama yang dikembangkan adalah dengan 20 lapisan data – 10 GB data serta memiliki densitas recording sebesar 400 Mbytes/cm2.








e. Flash Disk

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit9fIAZIYCyS3l7us2ImANUem_SCMzxJdkVZ5QY5T-Bbl_yelbmZ-kI48BzOaSQbOHq2UWsHnQ_pgXIO3nr5gQu5yaOB5u-_wwwyMJk4TOdPqTKs0Flk4IZC9RlPeReYRA4dfIZqHTa1t5/s200/komputer+(1).jpg
Flash disk adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta ele dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita.
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta ele dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.
Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram kerasyang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

Penggerak kilat USB dalam Windows
Sistem operasi Microsoft Windows mengimplementasikan Penggerak kilat USB sebagaiUSB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan penggerak kilat USB merupakan sebuah perangkat pasang dan pakai, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan penggerak kilat USB tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari penggerak kilat USB tersebut. Penggerak kilat USB Namun penggerak kilat USB menjadi media empuk untuk penyebaran virus, karena kemampuan virus untuk menyalin dirinya sendiri ke penggerak kilat USB dan dijalankan otomatis ketika dicolokkan pada porta USB (dimana fungsiAutoplay pada elevi Windows tidak dimatikan). Banyak virus komputer elev seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus elev lainnya menggunakan penggerak kilat USB sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan cakram flopi. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses penggerak tersebut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus.
Cara penggunaan USB Flash Drive sangat mudah karena menggunakan USB sebagai interfacenya. Hanya cukup menancapkan ke port USB pada PC dan akan langsung dikenali sebagai removable drive tanpa perlu proses rebooting (bersifat “plug and play”) karena elevi semua elevi operasi terbaru dapat menginisialisasi driver. Hanya memang untuk Windows 98 masih perlu untuk menginstal driver yang biasanya sudah tersedia dalam paket USB Flash Drive. Berbeda dengan floppy disk maupun CDR/RW, USB Flash Drive memiliki keunggulan yaitu tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk memakainya. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat tambahan seperti floppy disk drive atau CD-ROM/RW. USB Flash Drive juga tidak memerlukan tenaga baterai dan sangat ringan.

f. SSD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivuoUFplptb234XUG3LqtpjR-PSa5Hs8GCPm7_y5EFYVCusxhKcUEt9j-ewtBII6NYup95mhkhpzlI8hzRXOA6PClKqBr5hG0pLK7H6JhT_GZG-Quh4jshKDIbzvbLQT3T7BvCoDxkLyP7/s200/komputer+(2).jpg
Penggerak Zadat atau Solid-State Drive (SSD) adalah media penyimpanan data yang menggunakan ngingatan tak gabar (nonvolatile memory) sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan ngingatan gabar (volatile memory) (misanya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

Sejarah
Riwayat penyimpanan data tanpa menggunakan komponen bergerak ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir 1960-an dan awal tahun 1970-an. Kala itu, SSD dibuat untuk elevise super buatan IBM yaitu Amdahl dan Cray. Namun mahalnya harga yang harus dibayar, membuat SSD tidak ele diproduksi secara masal karena tidak ekonomis (saat itu hanya dibuat jika ada pesanan).
Proyek SSD kemudian dimulai lagi dengan kehadiran SSD yang dibuat oleh StorageTek pada akhir 1970-an. Di awal tahun 1980-an,Santa Clara Systems memperkenalkan BatRam, sebuah memori berbentuk serangkaian chip RAM dengan kapasitas total sebesar 1 megabit (125 kilo byte) yang berfungsi mengemulasikan hard-disk, suatu media penyimpanan yang cukup besar kala itu, karena MS-DOS versi 1.0 hanya mendukung media penyimpanan maksimal sebesar 160 kilo byte saja. Dalam paketnya, memori ini dilengkapi dengan baterai isi ulang. Baterai ini berfungsi menyimpan data saat rangkaian RAM tidak mendapatkan pasokan daya listrik (misalnya saat elevise dimatikan).
Pada tahun 1995, M-Systems memperkenalkan SSD berbasis flash memory. SSD ini kemudian secara luas dipakai oleh kalangan militer dan elevise angkasa luar Amerika Serikat sebagai pengganti fungsi hard-disk konvensional. Semenjak itu, SSD semakin berkembang sehingga berbentuk dalam perangkat yang kita kenal sekarang dan mulai diproduksi secara masal sehingga saat ini harganya semakin terjangkau (meskipun hard-disk biasa masih jauh lebih murah).

Fitur dan Teknologi
Dari sisi sifatnya, SSD dapat digolongkan menjadi dua, yaitu berbasis flash dan berbasis DRAM (Dynamic Random Access Memory).
Di pasaran saat ini banyak kita temui teknologi SSD berbasis flash, misalnya Flash DiskSecure Digital (SD Card), Micro SD Card,Multi Media Card (MMC) dan Compact Flash (CF). Sementara SSD dengan ukuran fisik sebesar hard-disk konvensional, yaitu ukuran 1,8 inci dan 2,5 inci dengan kapasitas hingga diatas 128 GB, sejak tahun 2008 sudah mulai elevis di pasaran seiring dengan harganya yang makin terjangkau.
SSD berbasis flash memanfaatkan sejumlah kecil DRAM untuk cache yang dipakai untuk menyimpan informasi tentang penempatan blok data serta informasi wear elevise (sebuah teknik untuk memperpanjang usia pemakaian memori berbasis flash). Sementara pada SSD dengan kinerja tinggi biasanya juga dilengkapi dengan penyimpanan daya listrik sementara (energy storage). Komponen ini umumnya disusun dari rangkaian kapasitor atau baterai yang berfungsi untuk memindahkan data dari cache SSD ke flash memory saat elevise dimatikan/ mati mendadak (jika berbasis kapasitor) atau untuk menyimpan data sementara dalam cache (jika menggunakan baterai).

SSD Berbasis Flash
Data dalam SSD berbasis flash biasanya disimpan dalam sel memori pada chip. Dalam kelompok ini ada dua macam jenis sel memori yang umum digunakan, yaitu jenis MLC (Multi Level Cell) dan SLC (Single Level Cell).
SSD jenis MLC biasanya lebih murah dibandingkan dengan yang berbasis SLC. Hal ini disebabkan MLC menyimpan data sebesar 3 bit atau lebih setiap selnya, sedangkan untuk SLC hanya 1 bit saja, sehingga biaya per giga byte-nya menjadi lebih rendah.
Sedangkan SSD jenis SLC berharga lebih mahal,namun tipe ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis MLC, yaitu kecepatan transfer data yang lebih tinggi, konsumsi daya yang lebih rendah dan daya tahan sel memori yang lebih lama. Salah satu penyebab mahalnya harga SLC ini adalah ongkos pembuatan yang lebih tinggi per giga byte-nya mengingat SSD jenis SLC hanya mampu menyimpan data dengan jumlah yang lebih sedikit per selnya.

SSD Berbasis DRAM
SSD dengan teknologi ini memiliki kecepatan akses data yang sangat tinggi (umumnya kurang dari 1 mili detik). Perangkat ini biasanya dilengkapi dengan baterai internal dan elevi penyimpanan data cadangan untuk memastikan tetap adanya data dalam SSD saat elevise dimatikan atau mati mendadak. Dalam kondisi ini, baterai dalam SSD akan memasok daya bagi rangkaian sel untuk menyalin semua informasi dari DRAM ke perangkat penyimpanan cadangan. Saat elevise dinyalakan lagi, semua informasi ini akan dikembalikan lagi ke DRAM.





Kelebihan SSD Dibandingkan Hard-disk Konvensional
Ada banyak kelebihan Solid State Drive jika dibandingkan dengan hard-disk konvensional, diantaranya adalah:
1. Waktu mulai bekerja (start-up) yang lebih cepat. Hal ini berdampak pada akses data yang lebih tinggi, keterlambatan/ penundaan membaca data (latency) yang lebih rendah dan waktu pencarian data (seek time) yang jauh lebih cepat.
2. Tidak memiliki bising/ dengung (noise) mengingat tidak adanya komponen yang bergerak.
3. Lebih hemat daya listrik, meskipun untuk SSD berbasis DRAM masih diperlukan catu daya yang cukup tinggi, namun jika dibandingkan dengan hard-disk konvensional masih jauh lebih hemat elevi.
4. Lebih kebal terhadap guncangan, getaran, dan elevisere yang tinggi.
5. Dengan kapasitas penyimpanan yang sama, SSD memiliki bobot yang lebih ringan dan ukuran fisik yang lebih ramping jika dibandingkan dengan hard-disk biasa (khususnya saat ini hingga ukuran penyimpanan 256 GB) sehingga lebih portable untuk notebook dan mobile external storage.
6. Karena dapat menyimpan data meskipun catu daya tidak ada, kelak teknologi SSD ini jika digabungkan dengan teknologi Memristor (Memory Transistor) membuka kemungkinan tercapainya pembuatan sebuah elevise yang dapat dihidup-matikan layaknya sebuah elevise, sehingga istilah start-up, shut down, hang, blue screen dan sejenisnya hanya menjadi catatan sejarah untuk anak cucu kita.


BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Sebagai kesimpulan laporan akhir berikut ini adalah:
Ø  Selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.
Ø  Berinteraksi atau menggeluti dunia usaha tidak sangat mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.
3.2. saran
Berikut adalah beberapa saran penulis untuk sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan, yaitu :
Ø  Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan;
Ø  Proses pembelajaran ditingkatkan;
Ø  Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek;
Ø  Keteraturan pada jadwal pelajaran;
Ø  Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMKN 1 Pollung.



23 komentar:

  1. sebentar lag gue juga bikin laporan pkl.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks bro, akhirnya kelar juga..

      Hapus
    2. Sok kali loe geng ...
      mentang loe jurusan emang kenapa ? loe gak ada sangkut paut nya dengan kami anak TKJ

      Hapus
  2. ada contoh untuk yang akuntasi gak bang? lagi cari nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue punya bro, mau kagak? kalo mau tar gue kirim lewat pos :D

      Hapus
    2. tunggu seminggu lagi
      pasti q upload bro

      Hapus
  3. thanx gan, bermanfaat banget.
    Salam siswa!!

    BalasHapus
  4. untuk semua
    ea sma"
    smoga mkin sukses

    BalasHapus
  5. ok ok
    bsa minta laporan akutansi gan?

    BalasHapus
  6. ada yang lebih baru gak kawan conto laporan nya ???????? thnks :::))))))

    BalasHapus
  7. iya bang. laporan yang lebih baru lagi. aku pusing mikirin laporan.. baru masuk udah langsung bikin laporan.. 2 minggu dari pkl selese lagi :/

    BalasHapus
  8. udh pensiun dari dunia blog ini gan
    udh lama gk nongol memperbaiki.....

    nanti saya usahakan

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus